برنامج البحث

PROGRAM INSENTIF PENULISAN BUKU AJAR PERGURUAN TINGGI 2010


Universitas Muhammadiyah Malang


       Program Insentif Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi yang dikelola oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000. Program ini terbuka bagi dosen perguruan tinggi yang telah memiliki buku teks pembelajaran yang diturunkan dari pengalaman penelitiannya dalam bidang ilmu apapun yang telah diterbitkan.

      Tidak sedikit jumlah dosen Indonesia yang berpengalaman, dalam melakukan penelitian yang berhasil. Dosen yang mengikuti program penelitian multitahun seperti Hibah Bersaing, Hibah Tim Pascasarjana, Hibah Strategis Nasional, Hibah Kompetensi, dan Riset Unggulan Terpadu telah mengenal state of the art dalam bidang keahliannya. Pengalaman tersebut sepatutnya dimanfaatkan sebagai modal dasar untuk menulis buku teks. Namun sangat disayangkan jumlah buku yang ditulis dosen masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah dosen yang tercatat di perguruan tinggi Indonesia, yaitu sekitar 150 ribu orang.

      Tahun anggaran 2006, DP2M meluncurkan program penulisan buku ajar khusus untuk dosen PTS yang kemudian dibuka pula untuk PTN. Program ini tidak membiayai penyiapan atau penerbitan naskah buku, tetapi menyediakan sejumlah dana insentif bagi penulis yang telah memiliki atau menerbitkan buku. DP2M Ditjen Dikti mengharapkan para penulis mengirimkan satu eksemplar buku yang telah diterbitkan oleh penerbit komersial maupun perguruan tinggi.

      Bagi para penerima insentif, hak kepengarangan tetap ada pada penulis. Royalti tetap menjadi hak penulis atau institusi tempat penulis bekerja. Royalti adalah suatu yang perlu diraih untuk menggerakkan perguruan tinggi berotonomi. Perlu ditambahkan bahwa credit point penulisan buku menurut peraturan kenaikan pangkat yang baru cukup menarik, dalam bidang ilmu apa pun.

       Program ini  bertujuan memacu para dosen untuk terus meneliti dan terus menulis, khususnya menulis buku perguruan tinggi. Kegiatan seperti ini pada akhirnya jelas akan meningkatkan publikasi ilmiah dan memperkaya wawasan ilmiah dalam kegiatan meneliti dan mengajar seorang dosen. Bagi para mahasiswa, buku yang dihasilkan akan menjadi sarana belajar atau pemahaman ilmu.

Download : File ini Program Insentif Penulisan Buku Ajar PT 2010
                 Surat Edaran Program Insentif Penulisan Buku Ajar PT 2010
                 Panduan Program Insentif Penulisan Buku Ajar PT 2010

BACK

Shared:

برنامج البحث

الأخبار

2022/09/22 01:22:44

2022/09/21 23:35:24

2021/12/16 03:11:59