Program Internal

   
Penelitian Hibah Pascasarjana

 
       Sejak diluncurkan oleh DP2M pada tahun 1994/1995 dengan biaya Bank Dunia, program ini dinilai telah membantu meningkatkan kemampuan dan mutu pendidikan pascasarjana di berbagai perguruan tinggi termasuk untuk menyelesaikan studi mahasiswa tepat waktu.
 
      Perlu diperhatikan bahwa penelitian  di Indonesia yang belum banyak menjamah ilmu pengetahuan dan teknologi frontier yang hasilnya dapat menerobos dimensi dunia masa depan seperti dalam gatra fisika inti, ruang angkasa, teknologi informasi, kontrol dan robotik, bahan terbarukan, serta bioteknologi. Penemuan iptek frontier juga diharapkan dapat memacu pertumbuhan industri di Indonesia yang sedang memerlukan percepatan pemulihan ekonomi.

      Tujuan Hibah Pasca adalah: (1) menghasilkan terobosan baru dalam ilmu pengetahuan dasar, teknologi, ilmu sosial dan budaya bagi masa depan; (2) meningkatkan kemampuan dan mutu pendidikan pascasarjana; dan (3) meningkatkan mutu penelitian di berbagai perguruan tinggi Indonesia sampai sejajar dengan tingkat internasional. Luaran yang diharapkan adalah: (1) tesis dan/atau disertasi; (2) publikasi nasional/internasional; (3) peningkatan jumlah lulusan pascasarjana; (3) HKI.

      Penelitian Hibah Pasca pada hakikatnya dapat mencakup semua bidang ilmu, asalkan multi disiplin dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Untuk tujuan evaluasi proposal, diperlukan Bidang Ilmu peneliti utama yang disesuaikan dengan ketentuan umum yang ada dalam lampiran panduan ini (11 bidang Ilmu). Penelitian tiap periode berdurasi 3 tahun dan dievaluasi setiap tahun,  penelitian dapat dihentikan/tidak dilanjutkan bilamana dinilai tidak dapat memenuhi target yang ingin dicapai pada tahun berjalan. 

Untuk dapat mengikuti penelitian ini pengusul harus memenuhi persyaratan sebagai berikut. 
  1. Tim Peneliti adalah dosen yang mempunyai bimbingan mahasiswa Pascasarjana, terdiri dari ketua dan maksimum 2 orang anggota yang berasal dari disiplin berbeda dan dapat diganti sesuai dengan kebutuhan.  Dapat menggunakan tenaga dosen dari perguruan tinggi lain maksimal 1 orang. Diutamakan bagi dosen yang ada relevansinya dengan bidang keilmuan dan mata kuliah yang ditempuh.
  2. Keterpaduan dan kerjasama tim merupakan kewajiban.
  3. Track record para peneliti menjadi acuan utama.
  4. Ketua dan anggota berpendidikan S3, dosen tetap perguruan tinggi dan merupakan salah seorang pembimbing mahasiswa pascasarjana yang diikutkan dalam usulan penelitian ini (dilengkapi surat keterangan dari direktur program pascasarjana)
  5. Organisasi tim peneliti dipaparkan, meliputi tugas masing-masing dan alokasi waktu. Biodata ketua dan anggota tim peneliti serta mahasiswa pascasarjana dilampirkan. Diutamakan pengalaman penelitian yang senada/terkait dengan penelitian yang diusulkan
  6. Mahasiswa pascasarjana merupakan mahasiswa aktif yang memiliki nomor pokok dan disahkan oleh surat keterangan direktur program pascasarjana yang sama. Minimum 4 mahasiswa S2 dan 2 mahasiswa S3 dalam 3 tahun. Bagi pascasarjana yang belum memiliki program S3, dapat diganti dengan 6 orang S2 dalam 3 tahun. Usulan tahun pertama harus menyertakan minimal 2 mahasiswa S2. Mahasiswa S2 hanya boleh dilibatkan antara semester 1 dan 3 dari masa studinya selama maksimum 1 tahun. Mahasiswa S3 hanya boleh dilibatkan antara semester 1 dan 5 dari masa studinya selama maksimum 2 tahun. 
  7. Usulan penelitian harus memiliki  roadmap research atau technology, bukan hanya merupakan kompilasi dari topik penelitian mahasiswa pascasarjana yang tidak memiliki keterkaitan satu dengan lainnya.
  8. Jumlah dana maksimum yang diusulkan adalah Rp90.000.000,00 /tahun
  9. Untuk mengajukan usulan periode kedua, pengusul harus telah mempublikasikan hasil penelitian sebelumnya sekurang-kurangnya di jurnal nasional terakreditasi. Untuk dapat mengajukan usulan periode ketiga, pengusul harus sudah mempublikasikan hasil penelitian sebelumnya pada jurnal internasional. 
  10. Penelitian yang dihentikan sebelum masanya dapat dikenai sanksi tidak diperkenankan mengajukan usulan ke DP2M dalam kurun waktu 2 tahun berturut-turut. 
 
       Indikator kinerja yang perlu dinyatakan ialah (1) berjalan sesuai rencana dan sudah ada konsep untuk artikel ilmiah pada akhir tahun pertama, (2) temuan inovatif, sejumlah mahasiswa pascasarjana yang menamatkan studi, dan sejumlah artikel dalam jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, dan seminar internasional pada akhir tahun kedua.

Download File ini Penilitan Hibah Pascasarjana [PHP]

BACK

Shared: