Program Internal

Hibah Program Doktor

Universitas Muhammadiyah Malang


     Sesuai dengan Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional (RENSTRA) Tahun 2005-2009, bahwa indikator kinerja kunci (IKK) dosen yang memenuhi kualifikasi S2/S3 harus ditingkatkan dari tahun ke tahun sehingga mencapai angka 70%; publikasi artikel ilmiah pada jurnal yang terakreditasi meningkat dari 20% menjadi 30%; penulisan buku ajar oleh para dosen meningkat dari 10% menjadi 15% dan peningkatan jumlah perolehan paten sebanyak 30 paten. Indikator Kinerja Kunci tersebut dapat dicapai hanya dengan modal  kerja keras, konsisten dan mempunyai komitmen yang tinggi dari semua dosen perguruan tinggi.

      Pada saat ini penelitian yang dianggap mendekati kesempurnaan, baik metode pendekatannya, model analisis, metode sampling maupun tingkat keseriusan dalam melakukan adalah penelitian mahasiswa program doktor. Hal ini dapat dikatakan bahwa para mahasiswa program doktor melakukan tahapan penelitiannya secara sistematis, dibimbing secara intensif, berkesinambungan dan pada akhirnya harus diuji oleh tim penguji yang kompeten secara terbuka  sehingga pelaksanaan penelitian tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

      Pada saat ini mahasiswa program doktor di Indonesia tersebar di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta dengan berbagai variasi bidang keilmuan, mulai dari ilmu sosial-humaniora, eksakta, kebumian sampai pada ilmu yang bersifat terapan.

      Untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan program doktor sekaligus dicapainya indikator kenerja kunci tersebut di atas, maka pemberian dukungan hibah penelitian kepada para mahasiswa program doktor merupakan program strategis yang mempunyai fungsi ganda, yaitu: (1) menghasilkan lulusan doktor yang kompeten dan berkualitas dan (2) tercapainya indikator kunci sebagaimana yang tercantum dalam RENSTRA DEPDIKNAS 2005-2009.

      Untuk mendukung tercapainya cita-cita tersebut, maka pada Tahun Anggaran 2009 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengalokasikan sebanyak 1000 judul hibah penelitian bagi mahasiswa program doktor di seluruh Indonesia.


Download : File ini Hibah Program Doktor
                Panduan
Hibah Program Doktor

BACK
Shared: