Program Internal

Hibah Kompetensi 2009

Universitas Muhammadiyah Malang


       Pada hakekatnya pendidikan tinggi berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan melaksanakan tridarma: (1) pendidikan dengan cara mengajarkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan/atau olah raga dan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat; (2) penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknlogi, seni, dan/atau olah raga serta memperkaya budaya untuk memeperkuat daya saing dan jati diri bangsa; dan (3) pengabdian kepada masyarakat untuk mendor ong modernisasi dan perwujudan masyarakat madani sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan/atau olah raga dan nilainilai luhur bangsa. Dalam pelaksanaan amanah tridarma perguruan tinggi sebagaimana yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, peran dosen sangat strategis.

      Dosen sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai tenaga profesional, dosen dituntut untuk senantiasa melakukan upaya -upaya inovatif dan inve ntif dalam bidang ilmu yang menjadi tanggung jawabnya. Karya-karya inovatif dan inventif tersebut dapat dicapai melalui serangkaian kegiatan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang terfokus dan dapat pula berasal dari umpan balik penerapan hasil penelitiannya kepada masyarakat. Sebagai konsekwensi dari profesionalisme seorang dosen dalam bidangnya, maka dosen harus mencapai tingkatan kompetensi dalam bidang ilmu yang menjadi tanggung jawabnya.  

       Sebagaimana diketahui bahwa, kompetensi adalah sepe rangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas utamanya berupa tridarma perguruan tinggi yang terdiri dari kegiatan (1) pendidikan,  (2) penelitian dan (3) pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah berkewajiban untuk menyiapkan dana penelitian bagi para dosen perguruan tinggi untuk mempertahankan profesionalisme dan sekaligus mementapkan kompetensinya dalam bidang yang menjadi tanggung jawabnya.  

        Sebagian besar proses belajar dan mengajar di perguruan tinggi didasarkan atas hasil penelitian (teaching based research), akan lebih baik apabila penelitian itu dilakukan sendiri oleh dosen.  Oleh karena itu hasil penelitian yang dilakukan para dosen menjadi wajib untuk diinformasikan, dijelaskan,  serta dibahas bersama antara dosenmahasiswa sehingga menjadi topik yang menarik bagi para mahasiswa. Untuk itu kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisah-pisahkan dengan pendidikan, karena itu tugas dosen tidak hanya mengajar tapi juga harus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

         Dosen yang melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat har us konsisten dengan bidang ilmu dan/atau matakuliah yang dia mpu dan sekaligus menjadi tanggung jawabnya . Dari hasil pengamatan selama 2 tahun menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa dosen yang melakukan penelitian di luar bidangnya, walaupun sebagaian besar dosen telah melakukan penelitian sesuai dengan bidang ilmunya. Dari hibah penelitian yang ditawarkan DP2M berupa hibah penelitian kompetisi yang sudah ada seperti: Penelitian Fundamental, Hibah Pekerti, Hibah Bersaing, dan Hibah Pascasarjana), ternyata cukup banyak dosen/peneliti yang telah menunjukkan konsistensinya untuk menekuni serta melaksanakan penelitian di bidang ilmunya. Mereka ini layak mendapat perhatian dan apresiasi yang memadahi, sehingga Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mamandang perlu untuk memberikan insentif dan penghargaan kepada dosen/peneliti yang konsisten tersebut melalui satu program yang disebut Hibah Kompetensi.  

         Dengan hibah ini, diharapkan mereka lebih leluasa memperdalam, memperluas, dan mendiseminasikan hasil pekerjaannya. Secara lebih khusus, dengan hibah ini diharapkan penelit i selalu konsisten sehingga program penelitiannya tuntas dan menjadi peneliti terbaik di bidangnya. Hibah Kompetensi ini juga penting guna memudahkan pemerintah mengidentifikasi dan memetakan kompetensi dosen/peneliti di Indonesia.  

Download : File ini Hibah Kompetensi 2009
                Surat
Hibah Kompetensi 2009
                Panduan Hibah Kompetensi 2009
                Rekapitulasi Hibah Kompetensi 2009


BACK
Shared: