Program Internal

Sinergi Penelitian dan Pengembangan Bidang Pertanian [SINTA]

Universitas Muhammadiyah Malang


        Pembangunan pertanian telah dan akan terus memberikan sumbangan bagi pembangunan nasional, baik secara langsung dalam pembentukan PDB, penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan masyarakat dan perolehan devisa, maupun sumbangan tidak langsung melalui penciptaan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan pembangunan dan hubungan sinergis dengan sektor lain. Meskipun demikian masih banyak masalah yang dihadapi dalam pembangunan pertanian karena dinamika lingkungan strategis domestik dan global, antara lain berkaitan dengan jumlah dan pertumbuhan penduduk, kemiskinan, kebutuhan energi, ketahanan pangan, degradasi lingkungan dan perubahan iklim. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan temuan inovasi baru teknologi dan kelembagaan pertanian secara  terus menerus, agar dapat merespon permasalahan tersebut dan yang dapat meningkatkan efisiensi dan daya saing usaha di bidang pertanian. 

       Badan Litbang Pertanian, Departemen Pertanian sebagai salah satu Lembaga Pemerintah Departemen (LPD), Perguruan Tinggi, Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) dan LPD yang bergerak di bidang penelitian sebagai lembaga publik penghasil teknologi dituntut untuk lebih mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui sinergi kegiatan kerja sama penelitian. Kerja sama diperlukan dalam upaya menumbuh-kembangkan jaringan penelitian guna meningkatkan kemampuan pemanfaatan serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

       Kementerian Negara Riset dan Teknologi (KNRT) sebagai koordinator program penelitian skala nasional mempunyai peran penting dalam mengkoordinasi kegiatan penelitian dalam berbagai bidang termasuk penelitian pertanian. Banyaknya LPND dan LPD maupun perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan penelitian pertanian menuntut adanya sinergi kegiatan antara lembaga tersebut. 

       Berdasarkan kerangka pemikiran tersebut di atas pada tahun 2009, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), Departemen Pendidikan Nasional bekerjasama dengan KNRT dan Badan Litbang Pertanian melaksanakan program “Sinergi Penelitian dan Pengembangan Bidang Pertanian” (SINTA).

Download : File ini
Sinergi Penelitian dan Pengembangan Bidang Pertanian [SINTA]
                 Panduan Sinergi Penelitian dan Pengembangan Bidang Pertanian [SINTA]

BACK
Shared: