Program Internal

   

Program Insentif Riset Untuk Peneliti dan Perekayasa LPD dan LPND

Universitas Muhammadiyah Malang

        Saat ini terdapat sekitar 7000 orang peneliti dan perekayasa yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Departemen (LPD) dan Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND). Sebanyak 1100 orang di antaranya bernaung di bawah LIPI, 1600 orang di Departemen Pertanian, 350 orang di Departemen Kesehatan, dan sisanya tersebar di departemen lainnya.  Hal ini menunjukkan tingginya potensi peneliti dan perekayasa di samping 150.000 dosen yang ada di perguruan tinggi di bawah Departemen Pendidikan Nasional. Potensi ini harus diberdayakan untuk menjawab tantangan kebutuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang menunjang pembangunan masa depan melalui kegiatan penelitian yang berkesinambungan.

       Berdasarkan tugas pokok dan fungsinya, Kementerian Negara Riset dan Teknologi terutama bertanggungjawab atas pelaksanaan kegiatan penelitian di lingkungan Badan Litbang Departemen/Non Departemen, sedangkan Departemen Pendidikan Nasional bertanggung jawab atas kegiatan penelitian di perguruan tinggi baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitasnya. LPD, LPND dan Perguruan Tinggi melaksanakan penelitian baik dasar maupun terapan untuk menghasilkan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

        Untuk meningkatkan daya saing bangsa dan sekaligus mencari solusi pemecahan masalah bangsa, dukungan para peneliti dan perekayasa sangat diharapkan. Oleh karena itu tidaklah berlebihan apabila kepada mereka diberikan peluang yang lebih besar untuk dapat berkreasi dan berinovasi melalui kegiatan penelitian dan perekayasaan. Sifat penelitian adalah kompetitif dan multi tahun, tetapi tetap berorientasi pada tugas pokok dan fungsi lembaga yang menaunginya. 

 
         Pemberian dukungan hibah penelitian kepada para peneliti dan perekayasa merupakan program strategis yang mempunyai fungsi ganda, yaitu: (1) meningkatkan daya saing bangsa, (2) meningkatkan perolehan luaran penelitian berupa hak kekayaan intelektual atau publikasi ilmiah, atau teknologi tepat guna/rekayasa sosial.  Oleh karena itu pada DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Tingi tahun 2009 ini telah dialokasikan dana bagi para peneliti dan perekayasa yang ada  di lingkungan LPD dan LPND.  Dana penelitian tersebut hanya dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan penelitian/perekayasaan sesuai dengan Tugas Pokok dan
Fungsi masing-masing dan/atau mengacu pada Agenda Riset Nasional
 


Download : File ini Program Insentif Riset Untuk Peneliti dan Perekayasa LPD dan LPND
                



Shared: