Program Internal

KOMPETISI ROKET INDONESIA [KORINDO] 2010



      Roket merupakan salah satu wahana dirgantara yang memiliki makna startegis. Suatu bangsa yang mampu mengembangkan dan menguasai teknologi roket akan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Hal tersebut sangat beralasan, sebab teknologi roket dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam tujuan. Roket dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengorbitkan satelit atau wahana antariksa dengan misi-misi khusus, misalnya satelit mata-mata militer, satelit komunikasi komersial, satelit pemantau cuaca, satelit penelitian, stasiun antariksa, teleskop di angkasa dan  wahana antariksa lainnya. Dengan adanya wahana-wahana antariksa tersebut dan pengembangan yang terus-menerus maka data-data dan informasi segala sesuatu yang ada di permukaan bumi ini akan menjadi suatu hal yang tidak mustahil dapat diperoleh dengan mudah. Roket juga  umum dikembangkan sebagai senjata untuk meningkatkan pertahanan suatu negara. Senjata tersebut dalam bentuk roket kendali atau missile, baik dari jenis missile udara ke udara yang berjarak jangkau dekat dan berukuran kecil sampai dengan missile antar benua yang berjarak jangkau ribuan kilometer dan berukuran sangat besar. Suatu negara yang mampu mengembangkan dan membuat missile canggih akan disegani oleh negara lain. Perkembangan teknologi roket dapat meningkatkan wibawa dan kekuatan politik regional atau internasional dari suatu negara.
 
      Indonesia sebagai negara berkembang dengan wilayah yang sangat luas sudah saatnya mempercepat penguasaan teknologi di  bidang kedirgantaraan untuk mendukung kemandirian bangsa di sektor-sektor startegis lainnya, misalnya telekomunikasi, transportasi, pertanian, dan militer. Namun alih teknologi dirgantara tidak mudah diberikan oleh negara maju yang menguasai teknologi dirgantar kepada negara berkembang. Oleh sebab itu kemandirian di bidang teknologi dirgantara harus segera digenggam oleh bangsa Indonesia agar kemajuan di berbagai sektor dapat segera terwujud.
 
      Langkah yang dapat ditempuh untuk menuju kemandirian bangsa adalah menyiapkan bibit unggul yang akan diproyeksikan sebagai tenaga ahli. Penyiapan bibit unggul dapat dimulai dengan mengenalkan teknologi dirgantara ke dunia akademik khususnya mahasiswa untuk menarik minat mereka menekuni teknologi dirgantara. Salah satu cara untuk menarik minat mahasiswa ke dalam teknologi dirgantara adalah dengan mengadakan  lomba muatan roket tingkat mahasiswa se-Indonesia dengan wahana roket RUM. Diharapkan dengan kegiatan edukasi tersebut maka para generasi muda akan termotifasi dan terpacu untuk berpartisipasi dan berkarya di dunia peroketan Indonesia.

Download : File ini Kompetisi Roket Indonesia [KORINDO] 2010
                   Surat Penerimaan Proposal Kompetisi Roket Indonesia [KORINDO] 2010
                   Panduan Kompetisi Roket Indonesia [KORINDO] 2010

BACK
 
Shared: