Program Internal

Program Akreditasi Berkala Ilmiah Tahun 2009

Universitas Muhammadiyah Malang


     Peranan perguruan tinggi dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak saja berasal dari kontribusi lulusannya yang bermutu, akan tetapi juga dari hasil penelitiannya yang relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan. Dalam  sepuluh tahun terakhir kegiatan penelitian baik di perguruan tinggi maupun instansi pemerintah lainnya meningkat cukup tajam, yang dicerminkan dari jumlah judul  penelitian dan pendanaan yang terserap. Hasil-hasil penelitian baik berupa paten, artikel ilmiah, teknologi tepat guna, atau buku ajar perlu disebarluaskan kepada para dosen atau peneliti lain maupun masyarakat pengguna, termasuk industri yang langsung dapat memanfaatkannya. Khusus untuk publikasi artikel ilmiah, salah satu sistem komunikasi ilmiah yang perlu ditingkatkan adalah berkala-berkala ilmiah yang diterbitkan baik oleh organisasi profesi, perguruan tinggi, maupun lembaga ilmiah yang secara teknis telah dinyatakan baik.

      Evaluasi yang telah dilakukan  sejak tahun 1992/1993 menunjukkan bahwa penampilan sebagian besar berkala ilmiah yang ada di Indonesia belum sesuai dengan yang diharapkan. Dari sebagian besar berkala ilmiah masih perlu diperkuat segi mendasarnya, antara lain tersedianya artikel yang bermutu, proses penyuntingan, dan kemampuan memasarkan atau penyebarannya. Kemampuan menulis masyarakat ilmiah di Indonesia dirasakan masih belum optimum sehingga kemauan untuk menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam berkala bermutu yang terakreditasi masih terus harus dipacu.

     Menyadari bahwa kondisi berkala ilmiah di Indonesia belum dapat dikatakan berbobot, Ditjen Dikti melaksanakan kebijakan untuk meningkatkan mutu berkala dalam memenuhi persyaratan  minimum seperti telah dituangkan dalam kriteria yang ditetapkan. Kriteria  yang dipergunakan dalam akreditasi tertuang dalam Panduan Akreditasi Berkala Ilmiah yang disusun bersama oleh LIPI, Ikatan Penyunting Indonesia, Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, serta DP2M Ditjen Dikti.  

      Tujuan akreditasi adalah untuk meningkatkan kualitas berkala ilmiah di Indonesia, sehingga dapat meningkatkan  komunikasi ilmiah antara peneliti dan masyarakat pengguna untuk  mencapai sasaran bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan pembangunan di Indonesia. 

Download : File ini Program Akreditasi Berkala Ilmiah Tahun 2009
                Surat Keputusan
Program Akreditasi Berkala Ilmiah Tahun 2009
                Surat Edaran Program Akreditasi Berkala Ilmiah Tahun 2009
                Panduan Program Akreditasi Berkala Ilmiah Tahun 2009
                     Lampiran Surat Keputusan Program Akreditasi Berkala Ilmiah Tahun 2009
Shared: