Program Internal

Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Nasional

Universitas Muhammadiyah Malang
 
      Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah meningkatkan kontribusi iptek untuk meningkatkan kemampuan dalam memenuhi hajat hidup bangsa; menciptakan rasa aman; memenuhi kebutuhan kesehatan dasar, energi, dan pangan; memperkuat sinergi kebijakan iptek dengan kebijakan sektor lain; mengembangkan budaya iptek di kalangan masyarakat; meningkatkan komitmen bangsa terhadap pengembangan iptek; mengatasi degradasi fungsi lingkungan; mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam; serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas sumber daya iptek, baik SDM, sarana dan prasarana, maupun pembiayaan iptek.

        Penelitian sudah banyak dikerjakan oleh para peneliti tetapi masih bersifat parsial dan sporadis sehingga dibutuhkan upaya untuk memadukan, agar penyelesaian masalah menjadi lebih fokus, lebih komprehensif, dengan cara yang lebih efisien baik dari segi waktu maupun sumber daya (biaya). Bidang kajian yang diperioritaskan dalam skim Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Nasional ialah (1) Pengembanga Kelapa Sawit, Gambir, dan Kakao; (2) Kebaharian/Kelautan, (3) Pertahanan dan Keamanan, (4) Farmasi/Kesehatan, dan (5) Teknologi Informasi. Industrialisasi dalam bidang kajian yang didanai melalui hibah ini akan semakin cepat terwujud. Skim penelitian yang dilaksanakan, merupakan kegiatan lanjutan ataupun sentuhan akhir bagi penelitian-penelitian terkait yang sudah atau sedang dikerjakan sebelumnya.

        Program Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Nasional dikembangkan dengan pertimbangan sebagai berikut : (1) Masih banyak sektor produksi strategis yang belum berkembang karena lemahnya penguasaan dan keterkaitan berbagai bidang teknologi; (2) Selain itu, teknologi yang terkait dalam sektor strategis sudah mengalami kemajuan yang cepat, sehingga diperlukan upaya yang lebih ekstensif untuk menguasai kemajuan teknologi tersebut; (3) Perlunya upaya yang komprehensif untuk memetakan technology roadmap yang terkait dengan perkembangan sektor produksi strategis dan mengimplementasikannya dalam kegiatan produksi.

         Program Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Nasional diluncurkan oleh Ditjen DIKTI untuk memfasilitasi hal-hal tersebut diatas. Program ini sangat terkait dengan penguatan rantai dukungan teknologi (Technology supply chains). Selain itu program inipun harus berorientasi pada kegiatan produksi yang spesifik. Maka teknologi yang akan dikuasai dan dikembangkan, yang dipetakan dalam bentuk roadmap harus memiliki hubungan yang kuat dengan teknologi produk dan teknologi proses produksi yang terkait dengan sektor strategis.

Download : File ini
Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Nasional
                Surat Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Nasional
                Panduan Hibah Kompetitif Penelitian Unggulan Strategis Nasional

BACK
Shared: